Tapa Kungkum, Ritual Mendapatkan Ilmu Spiritual Dengan Berendam! – Untuk mendapatkan kesaktian, karomah, dan kemampuan tertentu, setiap orang memang dianjurkan melakukan ritual yang bersifat laku spiritual. Salah satu laku spiritual yang biasa dilakukan adalah bertapa atau semedi. Terdapat beberapa jenis bertapa yang berkembang di Nusantara, seperti tapa pendhem, tapa wudho, dan tapa kungkum.

Dalam ilmu Jawa kuno, tapa kungkum adalah ritual bertapa yang dilakukan dengan berendam di dalam air. Ritual ini biasa dilakukan di sungai, sendang, danau, bawah air terjun, atau bak mandi rumah.

Jika mengacu pada aktivitas bertapa yang dilakukan, tapa kungkum adalah cara mendapatkan kekuatan, kedigdayaan, dan ilmu spiritual tertentu. Berikut pandangan spiritualisme Jawa mengenai ritual ini.

Tapa Kungkum, Ritual Mendapatkan Ilmu Spiritual Dengan Berendam!

Ritual diawali dengan mencari tempat yang bagus sebagai lokasi bertapa, misalnya di titik pertemuan dua sungai. Tempat sekitar sungai harus sepi dan sunyi agar pelaku lebih konsentrasi dan tak terganggu. Sedangkan kondisi sungai disarankan yang tidak terlalu berarus deras dan tidak berlumpur.

Untuk melakukannya, pelaku mengawalinya dengan mandi membersihkan badan. Kemudian pelaku masuk ke dalam air tanpa pakaian dengan posisi duduk bersila sampai setinggi leher. Pelaku harus menghadap berlawanan dengan arus air. Selanjutnya, menutup kedua mata dan menyilangkan tangan di depan dada serta mulai mengatur pernafasan. Ia tak diperbolehkan bergerak dan tidur selama ritual.

Biasanya, ritual bertapa ini dilaksanakan pada tengah malam. Menurut kepercayaan Jawa, ritual tapa kungkum bisa dikatakan setara dengan laku puasa. Sebab pada dasarnya, pelaku ritual ini tidak diperbolehkan makan, minum, dan memikirkan nafsu duniawi. Jadi, selama ia berendam di dalam air tidak ada aktivitas apapun kecuali hanya mengheningkan cipta, berdoa, dan konsentrasi untuk menunggu wangsit atau sasmita gaib.

Wangsit yang didapat inilah yang diyakini merupakan petunjuk dari Tuhan YME untuk menyudahi ritual ini. Untuk mendapatkan petunjuk suci dari Tuhan, seseorang harus sudah siap secara lahir dan batin. Pandangan orang Jawa menyebutkan, bertapa dengan cara ini merupakan sarana membersihkan diri dan menguatkan ketajaman mata batin.

Itulah tapa kungkum, ritual mendapatkan ilmu spiritual dengan kesabaran. Semoga bermanfaat.